Social Icons

Pages

Sunday 20 January 2013

Bisnis Makanan untuk Pemula

Bisnis makanan untuk pemula

Bisnis Makanan untuk pemula

Jika anda ingin Bisnis makanan untuk pemula bisa dilakukan di mana saja, tak terkecuali menjalankan bisnis rumahan makanan ini di tempat tinggal anda. Bisnis makanan merupakan usaha yang biasanya dilakukan di rumah apalagi untuk pemula. Usaha jenis makanan memang selaras dengan kemampuan ibu rumah tangga di Indonesia yang memiliki ketrampilan dalam hal memasak. banyak kisah orang-orang sukses dalam menjalankan bisnis makanan.

Memiliki pekerjaan rumah menjadi bernilai ekonomis dan merupakan ide yang sangat brilian. Tak hanya bisa memberi pendapatan tambahan, bisnis rumahan juga bisa memberikan ruang kreativitas yang tak terbatas bagi ibu rumah tangga. Berikut beberapa tips yang perlu diketahui selaku ibu rumah tangga atau siapa saja yang ingin memulai usaha makanan di rumah.

Tips Memulai Bisnis Makanan di Rumah untuk pemula

Setiap orang memiliki bakat, ada yang bisa buka grosir baju murah, maka galilah potensi dan kemampuan anda dalam hal memasak. Meskipun anda hanya memasak semangkuk mie instan saja, tapi pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kreativitas merupakan kunci sukses anda dalam menghasilkan produk makanan yang mungkin akan menjadi ciri khas anda.

Ketahuilah bagaimana komentar orang-orang sekitar anda tentang berbagai masakan anda. Agar anda memiliki keyakinan dan rasa percaya diri, tak ada salahnya jika anda meminta bantuan orang-orang sekitar anda untuk mencicipi atau mencoba kreasi masakan anda. Untuk hasilnya dapat didiskusikan sebagai bahan masukan untuk memahami dan menentukan ciri has selera masakan anda. Terkadang produk makanan tak harus enak, namun cukup memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan produk makanan anda dari produk yang lain.

Anda harus menentukan bentuk sebuah usaha, apakah usaha produksi atau pemasaran. Usaha produksi misalnya catering, membuat kue dan camilan, masakan yang diantarkan atau didistribusikan ke pengecer dan warung-warung. Usaha pemasaran misalnya bisa membuka outlet atau warung yang menjual produk orang lain ataupun produk makanan anda sendiri. Melihat beban pekerjaannya, membuka outlet/warung tidak disarankan, karena bisa jadi sangat menyibukkan anda. Oleh karena itu, usaha jenis ini bisa dilakukan apabiila pekerjaan rumah yang lain tak terlalu banyak atau telah dapat terselesaikan.

Selanjutnya yaitu menentukan jenis produk makanan apa yang akan anda ciptakan, apakah makanan dalam bentuk kemasan seperti makanan ringan atau makanan basah. Makanan kemasan di sini contohnya kue dan camilan. Produk ini tergolong awet, sehingga bisa bertahan dari basi lebih dari 1 hari. Untuk makanan basah yaitu makanan yang dapat segera basi dalam waktu 1 hari, seperti makanan catering dan kue basah, gorengan juga termasuk makanan basah. Dari sekian jenis bisnis makanan untuk pemula ada keuntungan dan kerugiannya. Perhitungan ekonomis perlu dilakukan dengan cukup seksama dalam pemilihan jenis makanan.

Selanjutnya yaitu menentukan sasaran pasar. Walaupun pasar yang anda bidik mungkin sangat besar dan kompetitif, tak ada salahnya apabila melakukan pentahapan dan penentuan prioritas pasar anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga resiko kerugian anda dan jadi tolok ukur seberapa besar peluang bisnis makanan untuk pemula rumahan ini.
sumber: http://peluangusaha.barunews.com/2012/10/tips-cara-memulai-bisnis-rumahan-makanan.html

No comments:

Post a Comment